Rabu, 18 Maret 2009

Profil Merlung

Geograpi





Kecamatan Merlung merupakan kecamatan dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat Propinsi Jambi. Pada tahu 1996 kecamatan merlung ditetapkan sebagai kecamtan perwakilan dan resmi menjadi kecamatan pada tahun 2000, berdasarkan Peraturan daerah No 05 Tahun 2000, dan resmi pisah dari kecamatan Tungkal ulu. Pada tahun 2008 kecamatan merlung kembali dimekarkan menjadi 3 kecamatan yakni, kecamatan ranah mendalu, kecamatan muara papalik dan kecamatan merlung. Kecamatan Merlung Terdiri Dari 7 desa.
Letak wilayah Kabupaten Kerinci secara geografis adalah diantara - sampai - lintang selatan dan - sampai - bujur timur dengan ibu kota Sungai Penuh yang berjarak 120 km dari Kota Jambi, dengan batas-batas sebagai berikut :
Utara : Kecamatan Tungkal Ulu Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
Selatan : Kecamatan Mersam dan Kecamatan Pemayung Kabupaten Batanghari.
Barat : Kecamatan Ranah Mendalu kabupaten tanjung jabung barat.
Timur : kecamatan muara papalik kabupaten tanjung jabung barat.
Merlung terletak > 25 m dari permukaan laut, dengan jenis tanah Podsolik Merah Kuning, Glyhumus, Hidro Morfik Klabu.
Wilayah kecamatan merlung meliputi : Desa merlung, desa penyabungan, desa lubuk terap, desa tanjung paku, desa adi purwa, desa pinang gading dan desa Tanjung Benanak.

Luas Wilayah
Dlam Pencahaian Data

Topograpi

Penduduk
Jumlah penduduk –

Penduduk Kecamatan Merlung sebagian besar merupakan suku Melayu di ikuti Jawa, medan dan suku lain. Sebenarnya masyarakat Kecamatan Merlung boleh dikatakan masyarakat majemuk sebab 4 dari 7 desa di kecamatan Merlung merupakan desa transmigrasi yang mana penduduk nya dating dari luar Provinsi Jambi terutama Pulau jawa dan nias.
Sebagian besar penduduk menganut agama Islam (99%) di ikuti Kristen dan agama lain nya. Mata pencaharian sebagian besar adalah tani dan di ikuti usaha dagang.

Sosial Budaya
Kecamatan Merlung Merupakan Masyarakat Majemuk yang mempunyai banyak budaya, adat istiadat, penduduk asli merupakan suku melayu yang mana banyak mengikuti tradisi melayu, yamg khas untuk merlung adalah upacara pernikahan, gotong royong,.
Perekonomian
Perekonomian di Kecamatan Merlung paling utama di dukung oleh bidang pertanian, dimana terdapat perkebunan kelapa sawit yang besar baik perusahaan maupun kebun plasma milik rakyat, di ikuti perkebunan karet yang ada sejak dulu yang mana rata rata di miliki rakyat/ sector lain yaitu dagang dimana merlung merupakan pusat perdagangan Tanjung Jabung Barat Bagian ulu.

Potensi
- Perkebunan Kelapa Sawit Yang Luas
- Perkebunan Karet
- Usaha Dagang, dimana letak merlung sangat lah strategi dimana di lewat jalan lintas timur ( Sumsel, Kota Jambi – Riau), Jalan Menuju Kabupaten Muaro Bungo, provinsi Sumbar, Menuju Kuala Tungkal (pesisir)
- Jumlah Penduduk
- Tambang batu bara

2 komentar:

  1. Salam kenal buat Merlung City..... Bagaimana kabarnya Merlung ... Eh kt orang (ni kt orang lho) di Merlung banyak adum. Tp dg makin majunya Merlung hal itu dah mulai hilang... iya kan? Oya, kunjungi jg Blog orang Bungo di http://infobungo.blogspot.com

    Wassalam,

    BalasHapus
  2. po kbr merlung wak warga merlung yang tinggal dykerinci jdi teinggat merlung nich.............

    BalasHapus

Komentar Masuk